Cara upgrade atau install ulang Blackberry device software

Sebelum saya melanjutkan membahas topik ini, mungkin dengan membaca judul topik ini kalian sudah pada banyak yang tau cara upgrade atau install ulang Blackberry, tapi tidak ada salahnya mungkin selalu ada saja yang belum tau, saya membahas ini juga atas permintaan teman saya untuk dibuatkan tutorialnya agar sewaktu-waktu tinggal mengikuti langkah-langkah dalam melakukan upgrade atau reinstall OS Blackberry, dan terlebih untuk mereview ilmu saya sendiri tentang permasalahan ini, dan melatih ilmu blogging ane

Untuk para master yang berilmu tinggi tolong jangan dihina, untuk kalian yang belum tau semoga bermanfaat,

Berikut penjelasan dari seorang newbie


BlackBerry merupakan salah satu handphone yang mempunyai sistem operasi (OS) yang biasa kita kenal dengan sebutan ponsel cerdas atau smartphone.
OS pada Blackberry biasanya memiliki pembaharuan software diwaktu tertentu, penyedia update seperti RIM juga sering melakukan pembaharuan OS untuk berbagai jenis BlackBerry yang ada.
Hal ini memberikan manfaat untuk kita pengguna blackberry,karena dengan memperbaharui OS atau biasa disebut juga Upgrade OS biasa dilakukan pengguna BlackBerry untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada pada BlackBerry, berbagai permasalahan tersebut seperti BlackBerry lemot atau loading lama, BlackBerry hang atau blank, Pembaharuan atau upgrade yang diberikan RIM dimaksudkan untuk memperbaiki sistem operasi serta meningkatkan kinerja device BlackBerry itu sendiri.

Cara upgrade atau install OS BlackBerry bisa anda lakukan sendiri tanpa harus membawa BlackBerry kesayangan anda ke tempat servis HP atau gerai BlackBerry. Beberapa software keperluan untuk install ulang BlackBerry bisa dengan mudah anda dapatkan dengan download di internet. Tools software untuk install ulang BlackBerry yang harus anda pakai dalam tutorial ini adalah BlackBerry Desktop Manager dan OS resmi dari model atau jenis OS BlackBerry.
RIM menyediakan upgrade OS BlackBerry secara gratis yang dapat di-download melalui official websitenya.
  • RIM menyediakan OS khusus buat setiap device, beda device beda pula OS-nya. Jadi kita wajib memlilih dan men-download OS sesuai dengan jenis atau model BlackBerry yang kita miliki.
  • OS resmi (Official OS) kadang disediakan dengan bundling operator supaya device bisa beroperasi lebih lancar dan terintegrasi dengan operator itu sendiri.
  • RIM tidak menyediakan setiap upgrade OS untuk semua operator. Tapi kita dapat menggunakan OS terbaru untuk jenis BlackBerry yang sama dari operator lain hanya dengan menghapus satu file di dalam file download yaitu file vendor.xml
  • Setiap OS BlackBerry download link, mempunyai kode link download OS Blackberry yaitu tipe BlackBerry, support bahasa, tipe OS, kode rilis, kode platform, app version dan nama operator.
  • Tidak setiap BlackBerry bisa support OS tertinggi yang dirilis oleh RIM karena device memory tidak mendukung OS yang memerlukan memory tinggi untuk menjalankannya.
  • RIM akan rilis OS yang cocok buat semua jenis BlackBerry. Jika kita tidak menemukan upgrade OS6/OS7 untuk suatu jenis BlackBerry, berarti BlackBerry tersebut memang tidak mendukung untuk OS tersebut.
Cara upgrade OS BlackBerry yang kita bahas kali ini adalah upgrade Official OS BlackBerry (OS resmi), bukan Leak OS (beta version). Kita bisa mendownload dari operator yang berbeda dengan operator yang kita pakai saat ini dengan cara menghapus lebih dulu file vendor.xml yang ada di folder OS

Tools yang diperlukan untuk Upgrade BlackBerry OS

  • Ponsel BlackBerry yang akan di upgarde.
  • Koneksi internet untuk download software.
  • Komputer PC atau laptop dengan operating system Windows.
  • Kabel data / USB cable original BlackBerry.
  • Software BlackBerry Desktop Manager. Link Download
  • OS / Device software Blackberry. official website Blackberry

 Step
  1. Download dan Instal BlackBerry Desktop Manager ke komputer anda
  2. Download OS BlackBerry terbaru yang sesuai dengan tipe dan jenis di Blackberry Device anda
  3. Install OS BlackBerry hasil download ke komputer dengan cara double-klik file exe OS BlackBerry tersebut. Bila perlu, restart komputer anda.
  4. Hapus vendor.xml di Drive C -> program files -> common files -> research in motion -> app.loader
  5. Backup data handheld BlackBerry ke komputer dengan Desktop Manager.
  6. Backup data, koleksi autotext, words substitution dengan aplikasi pihak ke-tiga karena desktop manager tidak dapat backup data tersebut. Semua autotext anda akan hilang jika kita tidak melakukan backup dengan aplikasi Autotext backup for BlackBerry.
  7. Matikan network copot memory card anda (optional)
  8. Wipe handheld (optional hanya untuk hanheld yang sudah bermasalah) di BlackBerry dengan cara option -> security options -> general settings -> pencet tombol menu BB -> wipe handheld.
  9. Buka software desktop manager, hubungkan device BlackBerry anda ke komputer,tunggu sampai status menjadi terhunbung ke desktop manager.
  10. Desktop manager otomatis detect untuk synchronize data, dan otomatis check for updates yang muncul OS versi terbaru sebagai updates/upgrade
  11. Kalau tidak terdetect, restart lagi komputer dan restart desktop manager.
  12. Kalau desktop manager masih tidak mendetect OS baru, tutup desktop manager dan masuk ke tempat hapus vendor.xml tadi di C drive -> program files -> common files -> research in motion -> app.loader, klik loader.exe
  13. Ikuti petunjuk update atau upgrade OS BlackBerry yang ada
  14. Tunggu sampai benar2 nyala dan booting sampai dengan home screen. Jangan cabut kabel data.
  15. Setelah upgrade OS BlackBerry, kita harus restore backup atau setting kembali time, emails account settings, dan data-data yang perlu anda restore
Bila yang masih awam, lakukan dengan hati-hati langkah upgrade OS BlackBerry diatas. Bila menemukan fatal error atau gagal, silahkan wipe Blackberry dan re-install lagi OS nya. Dalam tutorial ini, kami tidak bisa menjamin dan bertanggung jawab atas berhasil atau tidaknya proses install OS BlackBerry. Semua tergantung pada cara dan kondisi pada masing-masing BlackBerry

1 komentar:

lazzada